Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

Archive for the ‘Artist’ Category

Dibalik Kematian Nike Ardilla

Posted by Toto Andromeda on July 31, 2008

Pasti tahu kan Nike Ardilla…….. artis cantik yang meninggal dalam usia yang tergolong masih belia. Di usia yang belum genap 20 tahun ia meninggal karena kecelakaan tragis. (baca juga : Nike Ardilla the most favorite artist diblog ini. Ya Tepatnya Minggu, 19 Maret 1995 ketika berita itu menyentakkan Indonesia pada umumnya. Berita itu begitu mengagetkan hampir seluruh nusantara. Dan tanpa di komando, setiap stasiun radio memutar lagu-lagu Nike Ardilla. Kepergiannya kala itu sangat tidak terduga, dimana ia masih membintangi Sinetron di stasiun TV swasta.

Begitu banyak yang kehilangan Nike Ardilla. Begitu banyak yang meratapi kepergiannya yang tragis. Hari Minggu yang kelabu telah menjemputnya kembali ke pangkuanNya. Kerabat, sahabat sesama artis, penggemar turut berbondong-bondong mengantarkan ke KeharibaanNya. Nike Ardilla pergi dengan penuh tanda tanya, pergi meninggalkan segala kenangan yang telah terukir sepanjang hidupnya. Bintang Kehidupan itu telah pergiuntuk selama-lamanya dan tak akan pernah kembali.

Sebenarnya ini bukan untuk mengingatkan kembali akan kenangan lama, akan tetapi Nike Ardilla sosok yang satu ini memang menarik untuk dikupas. Era slow rockkini telah berlalu setelah lahirnya grup-grup band di tanah air. Pelan-pelan era slow rock mulai tergantikan dengan eranya grup band yang lebih banyak mengusung musik alternatif. Akan tetapi lagu-lagu Nike Ardilla masih mengisi hati para penggemarnya. Lagu-lagunya telah mengisi hati penggemarnya, ia memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Tidak hanya lagu, tapi segala pernak perniktentang Nike Ardilla sampai saat ini masih beredar diantara para penggemar baik yang tergabung dalam Nike Ardilla Fans Club(NAFC) suatu wadah bagi para penggemar Nike Ardilla, maupun penggemar diluar NAFC. Peredaran tersebut bisa dalam bentuk barter, maupun juga komersil. Komersil dapat pula diartikan menjual barang-barang/pernak pernik Nike Ardilla sampai dengan menjual untuk kepentingan pribadi. Sebenarnya itu sah-sah aja asal jangan sampai memperkaya diri dengan memanfaatkan situasi yang ada.

Dibalik Kematian Sang Bintang Kehidupan

Dibalik kematian Nike Ardilla ternyata menyisakan banyak sekali kenangan, harapan dan juga keyakinan akan hari depan. Tidak berlebihan apabila penulis mengungkapkan demikian, karena di balik kematiannya yang tragis memang telah menimbulkan suatu fenomena tersendiri. In death she soard………. Ya dalam kematian Nike Ardilla justru makin bersinar. Fansnya juga bertambah banyak. Hal ini tentu memberikan berkah tersendiri baik itu fans tersendiri maupun bagi pihak label yang menaungi Nike Ardilla, karena dengan demikian baik kaset, CD maupun VCD yang dikeluarkan oleh pihak label masih bisa dinikmati dan dibeli minimal oleh para penggemarnya.

Nike Ardilla sosok yang tidak hanya dikenal publik Indonesia, akan tetapi juga di Malaysia. Angka penjualan kasetnya masih tinggi di Malaysia. Manjadi kebanggaan tersendiri, karena tidak banyak artis yang dikenal justru setelah kematiannya. Dan tidak bisa dipungkiri pula bahwa setelah 13 tahun kematiannya, Nike Ardilla masih mengisi hati penggemarnya.

Kepergiannya meninggalkan harapan bagi sebagian fansnya yang yang kadang-kadang bertingkah seolah-olah mirip Nike Ardilla, atau bahkan sebagian dari kisah para fans Nike Ardilla yang sempat penulis temui mengatakan bahwa ada yangmelihat kemunculannya. Walaupun mungkin itu hanya halusinasi saja, karena yang sudah meninggal tak mungkin kembali.

Di Bawah Bayang-bayang nama Nike Ardilla

Pasca kematian Nike Ardilla yang begitu fenomenal, memberikan sentuhan tersendiri. Bermunculannya artis-artis yang mendompleng nama besar Nike Ardilla membuktikan bahwa Nike Ardilla adalah sosok artis yang patut di perhitungkan. Betapa tidak, tidak sedikit artis yang ingin mengikuti jejaknya. Sebut saja Lia Nathalia, Elisa, dan yang terakhir muncul adalah Dike Ardilla yang ikut ambil bagian dibawah bayang-bayang nama besar Nike Ardilla.

LIA NATHALIA

Lia Nathalia dulunya adalah ketua NAFC Jakarta, yang kemudian ikut ambil bagian dalam dunia tarik suara. Lia sempat di harapkan menjadi pengganti Nike Ardilla, kareana disamping ia fans sejati Nike Ardilla yang cukup fanatik. Dibawah asuhan Adjie Esa Putra, Lia nathalia berhasil mengeluarkan album perdana tahun 1996 bertajuk Selamat Tinggal Kekasih yang berisi 9 lagu yang kesemuanya terasa sekali nuansa Nike Ardilla didalamnya, nuansa kehilangan sang bintang Nike Ardilla.

Lia nathalia layak disebut pengganti Nike Ardilla andai saja ia eksis dan mampu bertahan melawan selera pasar dengan membawakan lagu-lagu slow rock. Akan tetapi itu tidak bertahan lama. Tahun 1998 Lia kembali mengeluarkan Album Kedua dengan judul Hanya Ada Satu Cinta. Di album ini mungkin kasetnya laku juga karena ia berada dibawah bayang-bayang nike Ardilla. Kemudian disusul tahun 1999 album ke tiga bertajuk Permata hati, album duet bareng Deddy Dores. Setelah itu nama lia nathalia menghilang seiring perjalanan waktu dan Lia masih tetap di kenal bagi sebagian kalangan fans Nike Ardilla, hingga 2007 kembali mengeluarkan album How Much I love You. Lia nathalia mencoba menembus kerasnya pasar, akan tetapi namanya yang sudah terlanjur tenggelam membuat albumnya tidak di kenal bahkan untuk kalangan fans Nike sendiri.

Akan tetapi, meski bagaimana Lia Nathalia tetap bisa diterima dikalangan penggemar Nike Ardilla.

ELISA

Elisa salah satu penyanyi asuhan Deddy Dores yang sempat mengeluarkan satu album. Elisa juga merupakan salah satu fans Nike Ardilla. Pasca kematiannya, banyak sekali lomba-lomba nyanyi dengan lagu-lagu Nike Ardilla yang diselenggarakan baik oleh radio-radio maupun oleh para fans itu sendiri. Sebuah ajang pencarian bakat atau ajang mencari sponsor? Yang jelas saat itu bukan saatnya untuk pencarian bakat, akan tetapi lebih dikarenakan oleh antusiasme masyarakat akan nama besar Nike Ardilla, sehingga perlombaan serupa sering diadakan. Baik karena untuk mengenangnya ataupun hanya sekedar untuk mengingatkan nama Nike Ardilla yang masih eksis.

Dan Elisa adalah satu dari sekian banyak artis hasil dari perlombaan dengan menyanyikan lagu-lagu Nike ardilla yang dianggap mirip dari karakter suara maupun wajahnya juga sedikit mirip kala itu. Album dengan lagu andalannya Cintaku Terbalut Sepi ciptaan Deddy Dores sempat malang melintang diputar di radio-radio kala itu, sehingga mampu memberikan sentuhan yang berbeda dari suara lain sang mega bintang.

Akan tetapi kepopuleran Elisa hanya sekejap, karena ia juga tidak mampu meneruskan tongkat estafet yang diberikan oleh Nike Ardilla. Elisa pun tenggelam.

NAFA URBACH

Nafa Urbach sebenarnya sudah mengeluarkan album sebelum Nike Ardilla meninggal, hanya saja sempat disebut-sebut kalau Nafa di dapuk untuk menggantikan Nike Ardilla oleh para fans dan media kala itu. Memang kala itu charisma Nafa begitu keluar. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Nafa justru tidak bisa menggantikan Nike Ardilla baik karena cirri khas Nafa berbeda dengan Nike, juga karena jiwa Nafa yang memang berbeda. Bahkan ada yang bilang semenjak berpindahnya Nafa dari Kristen ke Islam kemudian pindah lagi ke Kristen menyebabkan Nafa tidak diperhitungkan lagi, karena ketidakkonsistenannya meskipun itu adalah masalah keyakinan pribadi yang tidak bisa diganggu gugat.

Ini membuktikan Nafa tidak dalam bayang-bayang Nike.

DIKE ARDILLA

Sempat kaget ketika keluar nama Dike Ardilla alias Diana Utami. Dike Ardilla mengukuhkan diri kalau ia bisa menggantikan Nike Ardilla. Memang tidak bisa dipungkiri kehadiran Dike Ardilla sedikit memberi warna yang berbeda dengan karakter suara yang mirip Nike Ardilla, Diana Utami berani memproklamirkan diri sebagai Dike Ardilla. Lewat lagu Salah Sendiri, sekilas orang yang tidak tahu pasti mengira kalau itu suara Nike Ardilla, tapi setelah itu barulah tahu Nike is Nike dan Dike adalah Dike. Jelas ada perbedaan.

Meski mendompleng kebesaran nama Nike Ardilla, Dike Ardilla tidak mampu menggantikan Nike Ardilla dari apapun. Meski karakter vokalnya sama, akan tetapi agaknya fans Nike Ardilla tidak sedikit yang mencerca Dike, tidak sedikit yang merasa tidak suka akan nama Dike yang terkesan mendompleng kebesaran dan ketenaran Nike Ardilla. Walau harus diakui suara Dike juga sebagus Nike akan tetapi karena soal namalah justru Dike Ardilla dewi fortuna belum berpihak padanya. Andai saja ia masih menggunakan nama Diana Utami, bukan tidak mungkin Dike Ardilla akan mampu mendongkrak namanya dan penjualan albumnya. Dike sempat mengeluarkan Album Salah Sendiri, Sinar Dari Langit, Album The Best, dan juga pernah duet dengan Doel Sumbang, akan tetapi namanya tidak meroket.

Sebenarnya Dike layak disebut sebagai pengganti Nike Ardilla andai ia menggunakan nama Diana Utami dan tentu lebih bisa diterima oleh fans fanatik Nike Ardilla dan penjualan albumnya tinggi tanpa harus mendompleng kebesaran nama Nike.

Nike dan Fans

Setelah lama kepergiannya, Nama Nike Ardilla memang makin berkibar. Beribu-ribu fans Nike Ardilla juga masih setia untuk mendengarkan atau membeli pernik tentang Nike Ardilla. Bahkan kerap kali Nama Nike Ardilla masih muncul di acara infotainmen.

Penulis pernah berkesempatan untuk menyambangi Makam Nike Ardilla tahun 2004 silam di desa Imbanegara – Ciamis Jawa Barat.

Penulis Berpose di komplek Makam Nike Ardilla

Potret Nike Ardilla terpampang rapi di komplek mesjid Makam Nike Ardilla

Nama Besar Nike Ardilla masih membayangi terbukti masih seringnya pemberitaan media TV mengulas kematiannya. Silet adalah salah satu acara infotainment yang masih sering mengulas Nike Ardilla dengan ulasan yang setajam silet…………

Posted in Artist | Tagged: , , , , , | 158 Comments »

Inka Christie bermertafosa dengan band Qta

Posted by Toto Andromeda on June 11, 2008

Lama menghilang penyanyi solo Inka Christie hadir dengan warna baru, dengan membentuk sebuah band dengan nama Qta. Qta yang terdiri dari SInka Christie (vokal), Reza (gitar), Ngguh (bass), Lala (keyboard) dan Hadi (drum) menemukan patern bermusik mereka dengan nuansa super pop. Qta menawarkan warna lain dari sisi Inka Christie yang selama ini lebih dikenal dengan lagu-lagunya yang slowrock mendayu-dayu. Lagu-lagu semacam Gambaran Cinta yang melambungkan nama Inka di blantika musik Indonesia. Gambaran Cinta adalah album perdana yang menawarkan sisi slowrock seorang Inka Christie. Memang lagu tersebut laku mengikuti jejak lagu-lagu semacam Nike Ardilla maupun Nicky Astria kala itu.

Melalui kelompok Qta Inka Christie mencoba menawarkan warna lain dari suaranya. Warna yang sebenarnya kalau di perhatikan dengan seksama tidak ada perbedaan sama sekali antara band dengan solonya. Antara ketika Inka bernyanyi solo dengan bernyanyi di band Qta tidak ada perbedaan. Semua kental dengan warna Inka Christie yang sudah di kenal lebih dulu. Sebenarnya Inka bisa saja menawarkan lagu-lagu yang lebih ngerock sehingga lebih punya warna lain.

Album pertama Qta menawarkan musik pop yang catchy dengan lirik yang sebagian besar karya Inka Christie. Lirik yang sederhana dan enak di telinga tanpa harus bingung dengan maksudnya.
Warna suara Inka lebih mendominasi dari nama Bandnya itu sendiri.
Secara keseluruhan lagu ini enak untuk di dengar akan tetapi akan terasa membosankan karena tidak adanya warna lain yang ditawarkan. Memang ada yang upbeat di lagu MMS (maaf maaf saja). Coba deh dengar……

penggalan bait pantaskah mendua yang enak untuk dicerna

.…aku tlah jatuh cinta padamu namun kutak kan pernah bisa untuk tinggalkan dirinya apakah pantas aku mendua…. resah lelah gelisah merasakannya .

Album Qta dengan titel Mencari Cinta menawarkan 10 lagu. Dari kesepuluh lagu tersebut hanya satu yang di buat oleh Ngguh lainnya adalah karya Inka Christie.
Kesepuluh lagu tersebut adalah :

1. Pacar Sementara
2. Aku Manusia Biasa
3. Cinta Yang Ini
4. MMS (Maaf Maaf Saja)
5. Tolong Jangan Pergi
6. Mencari Cinta
7. Adakah Cinta
8. Pantaskah Mendua
9. Terungkap
10. Lagi-lagi

Posted in Artist, Musik | Tagged: | Leave a Comment »

NOVIA KOLOPAKING DAN ALBUM

Posted by Toto Andromeda on April 30, 2008

Pasti tau dong dan kenal siapa Novia Kolopaking, istri budayawan Emha Ainun Nadjib, seorang penyanyi yang sekarang sudah lama tidak membuat album baru. Untuk mengobati rasa kangen berikut beberapa album yang pernah di keluarkan oleh Musica Studio’s dengan penyanyi Novia Kolopaking.

Judul Album : Kembali Tahun Release 1992 Produksi : Musica Studio’s Penyanyi : Novia Kolopaking

Kembali adalah merupakan album pertama Novia Kolopaking, yang membuat kita kembali untuk bisa mengenangnya. Album ini memuat 9 lagu yang bernafaskan cinta. Kesembilan lagu tersebut adalah :

1. Kembali
2. Maafkan Aku
3. Gemas
4. Mana Dimana
5. Dink Donk Cinta
6. Mimpi Ada Disini
7. Macho
8. Tunggu
9. Sejuta Rindu

Judul Album : Biar Kusimpan Rinduku
Tahun Release : 1995

Produksi : Musica Studio’s

Penyanyi : Novia Kolopaking

Album yang keren dengan cover yang keren pula. Lagu-lagu yang termuat dalam album ke 2 Novia Kolopaking adalah : (FYI saya punya kaset ini dobel, jadi kalo ada yang mau barter hub gw aja)

1. Biar Kusimpan Rinduku
2. Kuserahkan
3. Kuharus Bilang Apa
4. Buang Prasangka
5. Tak Sangka
6. Aku Cinta Kamu
7. Tiada Lagi
8. Menanti Jawabmu
9. Percuma
10 Mengapa harus Pisah

Judul Album : Untukmu Segalanya
Tahun Release : 1996

Produksi : Musica Studio

Penyanyi : Novia Kolopaking

menyanyikan 10 lagu apik yang ada dalam album ini.

1. Untukmu Segalanya
2. Walau satu Hari
3. Yakinlah
4. Gelisah
5. Ragu
6. Tanda Tanya
7. Terlalu
8. Lupakanlah
9. Percayalah
10. Tak ada yang lain

Judul Album : Asmara
Tahun Release : 1997

Produksi : Musica Studios
Penyanyi : Novia Kolopaking

dalam album ini memuat 10 lagu yang terdiri dari :
1. Asmara
2. selamat Jalan Kasih
3. Semestinya
4. Cinta Yang Sebenarnya
5. Aku Takut Kehilangan
6. Biarkan Kusendiri
7. Kusadari
8. Betapa Kusayang
9. Cinta Milik Kita
10. Ku Ingin Kau Pergi

Judul Album : Cinta
Tahun Release : 1999
Produksi : Musica Studio
Penyanyi : Novia Kolopaking
terdapat 8 lagu dalam 1 CD yang terdiri dari :
1. Cinta
2. Harus Yang Mana
3. Katakanlah
4. Marah Lagi
5. Malam Ini
6. Getaran Asmara
7. Masih Adakah
8. Biarkanlah

Posted in Artist, Musik | Tagged: , , , | Leave a Comment »

NOVIA KOLOPAKING

Posted by Toto Andromeda on April 30, 2008

NOVIA KOLOPAKING

Mengawali karir di sinetron Jendela Rumah Kita produksi TVRI stasiun Jakarta, artis dengan nama lengkap NOVIA SANGANINGRUM SAPTAREA KOLOPAKING atau lebih dikenal dengan NOVIA KOLOPAKING memulai jejaknya di dunia keartisan. . Hingga tawaranpun datang untuk memerankan tokoh SITI NURBAYA yang ditayangkan TVRI. Bersama dengan Gusti Randa (Syamsul Bahri) dan Him Damsyk (Datuk Maringgih), Siti Nurbaya berhasil menarik penonton yang secara tidak langsung melambungkan nama Novia Kolopaking yang kala itu kelihatan masih lugu. Akting Novia sangat bagus sebagai ikon dari Siti Nurbaya yang sederhana.

Artis kelahiran Bandung 9 November 1972 ini memang sejak masih anak-anak sudah aktif dan dikenal di sejumlah majalah anak-anak, dipanggung baik sebagai penyanyi atau pemain sandiwara. Pun demikian, Novia kolopaking pernah pula menj

adi dubber yang tergabung dalam Sanggar Prativi bersama Elly Ermawati dan Feri Fadli. Ia pernah mengisi suara Dewi Anjani anak dari Lasmini dalam serial sandiwara radio SAUR SEPUH pada akhir 80an.

KARIR MUSIK

Olah vocal yang telah di gelutinya sejak kanak-kanak makin bersinar ketika memasuki masa remaja. Akhirnya tahun 1992 ia mengeluarkan album KEMBALI karya Ryan Kyoto. Persiapan pembuatan album ini sendiri sudah dimulai sejak 90an, akan tetapi baru bisa rilis pada ’92. Desain cover yang sederhana tetapi bagus yang dikemas bersama lagu-lagu yang indah untuk di dengarkan menyebabkan lagu Kembali sebagai jagoan mudah di terima oleh masyarakan dan pendengar pada umumnya. Promosi lewat radio adalah satu-satunya promosi yang maksimal karena media televisi kala itu masih hanya lewat TVRI dan satu stasiun swasta RCTI.

Kembali…….

Kembalilah padaku

Akan tetap kunanti

Walaupun sampai kumati

Salah satu penggalan dari lirik lagu Kembali yang sampai sekarangpun masih asyik untuk di dengarkan.

Mengawali tahun 1994 Novia Kolopaki

ng kembali rilis album kedua dengan judul BIAR KUSIMPAN RINDUKU. Biar kusimpan rinduku adalah hits kedua yang malang melintang dan sering terdengar di radio-radio, baik itu karena permintaan dari pendengar atau dari keinginan penyiarnya sendiri.

Dalam sehari bisa sampai 10 kali lagu ini terdengar dari stasiun radio yang berbeda di satu kota. Dan agaknya lagu ini merupakan satu lagu yang paling penulis sukai.

Biarkanlah hujan badai

Menghalangi cinta ini biarkanlah kusimpan rinduku

Hanya untukmu..

Selamanya………………….

Lagu-lagu slow rock seperti ini memang di awal sampai pertengahan 90an sangat di gemari. Lagu-lagu yang mendayu dengan lirik yang kadang-kadang memang sesuai dengan suasana hati pastinya. Keindahan cover album ini juga merupakan suatu pertimbangan dari penggemar untuk tetap mengoleksi album Novia Kolopaking.

Kemudian setelah itu berturut-turut album Untukmu Segalanya (menjadi soundtrack sinetron dengan judul yang sama), Album religius Dengan Menyebut Nama Allah, Aku Selalu Cinta (Single), Asmara, Cinta dan Bunga Mawar (Single)

Setelah dipersunting dan menikah dengan Emha Ainun Nadjib pada 22 Maret 1997, nama Novia Kolopaking mulai meredup pelan-pelan meski ia masih dikenal dan masih mengeluarkan beberapa album religi bersama suami tercinta. Agaknya kehadiran keluarga baru yang menjadi pertimbangan utama untuk focus pada keluarga. Meskipun di ketahui juga ia masih main di beberapa sinetron.

KARIR SINETRON DAN FILM

Tampil bagus di Jendela Rumah Kita dan Siti Nurbaya ia merambah ke layar lebar bersama aktor sekaligus dubber Ferry Fadli dalam Film Brahmana Manggala. Walaupun Film BRAHMANA MANGGALA tidaklah sehebat sinetron Siti Nurbaya, akan tetapi menunjukkan bahwa acting Novia di akui. Di film ini ia menunggang kuda sebagai pendekar. Wah hebat juga ya………….

Selengkapnya film dan sinetron yang pernah di bintangi :

1. Siti Nurbaya (TVRI)

2. Brahmana Manggala (Film)

3. Ketulusan Kartika (INDOSIAR)

4. Keluarga Cemara (RCTI)

5. 1 Kakak 7 Ponakan (RCTI)

6. Darah biru

Selepas menikah dengan Emha Ainun Nadjib, Novia Kolopaking jarang sekali tampil di televisi, akan tetapi ia masih berkiprah bersama Kyai Kanjeng, grup musik dari suaminya. Ia Kerap muncul dalam pentas nasional untuk mengunjungi berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Cukup lama vakum dan kangen juga nih dengan lagu-lagunya.

Ps. Bagi pembaca yang mempunyai film Siti Nurbaya, bolehlah untuk berbagi dengan saya. Tolong hubungi saya via email. Saya juga mempunyai koleksi album Biar Kusimpan Rinduku dobel (ada 2) ada yang berminat? Hub saya di email.

Posted in Artist, Musik | Tagged: , , | 13 Comments »

NIKE ARDILLA , THE MOST POPULAR ARTIST

Posted by Toto Andromeda on April 24, 2008

Raden Nike Ratnadilla atau lebih di kenal dengan Nike Ardilla adalah penyanyi di era awal 90an yang lahir dari pasangan RE Kusnadi dan Niningsihrat. Gadis kelahiran 19 Desember 1975 yang kemudian tewas dalam kecelakaan tragis di Jl. Riau (sekarang Jl. RE Martadinata) Bandung.

Nike Ardilla sosok artis dengan multitalenta, dengan kepribadian yang santun dan ramah kepada siapa saja . Tidak hanya di dunia tarik suara, Nike Ardilla kerap main film, sinetron, bintang iklan ataupun juga kegiatan modeling.

Artis besutan Deddy Dores dengan debut albumnya Seberkas Sinar (1989) yang kemudian meledak di pasaran, membuat nama Nike Ardilla melambung. Sebelumnya Nike Ardilla pernah terlibat dalam Film Gadis Foto Model dan membuat album Bandung Rock Power dengan nama Nike Astrina dan kemudian berganti dengan Nike Ardilla setelah ditangani Deddy Dores.

Kehadiran Nike Ardilla di blantika musik Indonesia membawa kesegaran tersendiri. Dengan lagu-lagu slowrock yang asyik untuk di dengarkan menyebabkan n Nike semakin dikenal oleh penggemarnya yang kemudian menyatukannya dalam suatu wadah bagi para penggemar ke dalam Nike Ardilla Fans Club (NAFC). Kematian Nike Ardilla yang tragis membuat fans, teman dekat, media dan berbagai kalangan merasa sangat kehilangan. Dalam usia yang masih belia ia pergi untuk selama-lamanya. Kepergian Sosok Nike Ardilla ditangisi oleh hampir pecinta musik tanah air. Penulis sempet bengong beberapa saat ketika pertama kali mendengar berita itu.

Seolah alampun ikut berduka, hujanpun turun ketika berita itu terdengar. Sejumlah radio bahkan stasiun TVRI ikut menyiarkan kembali lagu-lagu Nike Ardilla.

Kepergian Nike Ardilla membawa berkah tersendiri bagi tabloid yang memberitakannya, karena justru berita kematian yang tragisnya yang diburu para penggemar. Ada rasa penasaran.

Setelah 13 tahun kepergiannya, fans yang di gawangi NAFC masih selalu setia untuk berkunjung ke makam Nike Ardilla di Imbanegara, Ciamis Jawa Barat. Dalam sejarah Indonesiabaru Nike Ardilla lah sosok penyanyi yang setelah kematiannya justru ia bersinar( in death she soared) . Setelah sekian tahun tiada, kematiannya masih dikenang oleh para penggemarnya. Tidak Cuma itu, media televisipun masih memberitakan tentang kematian Nike Ardilla lewat infotainmet. Adalah ‘Silet” suatu program infotainment di RCTI yang telah menayangkan secara khusus tentang Nike Adilla sebanyak 3 episode. Ini membuktikan bahwa sosok Nike Ardilla masih di akui dan masih ada di benak para penggemar. Bagaimana tidak, suatu program di buat tentu adalah program yang bisa menjual, artinya nama besar Nike Ardilla turut berperan dalam proses penjualan program tersebut.

Memang… tidak berlebihan apabila banyak kata-kata sumbang setelah kepergiannya, baik yang di bawakan oleh pembawa acara ‘Silet’ tersebut atau masyarakan pada umumnya yang sampai saat inipun masih misteri tentang kematian Nike Ardilla.

Konon.. sang bintang tewas kecelakaan akibat menenggak narkoba, apapun itu jenisnya entah hanya sekedar minuman beralkohol ataupun obat-obatan. Apapun itu, Nike Ardilla adalah sosok yang baik untuk ditiru dari segi sosialnya.

Ada satu hal yang perlu dicermati, bahwa kematian Nike Ardilla sedikit banyak memberikan dampak positif bagi para penggemarnya. Ada beberapa kalangan dari fans Nike Ardilla yang mencoba untuk terus meneruskan perjuangannya. Sebagai contoh adalah ikut membantu menyumbang untuk kelangsungan yayasan Nike Ardilla yang membawahi SLB yang merupakan peninggalan dari mendiang Nike yang kelangsungan hidupnya harus terus dijalankan, mengingat ini bukanlah yayasan ‘profit’ akan tetapi yayasan sosial yang lebih mengedepankan pendidikan terutama untuk SLB.

Ceritanya akan lain seandainya Nike masih ada. Justru karena kematianlah yang membuatnya bersinar. Penulis sendiri mungkin tidak terlalu peduli seandainya ia masih ada. Penulis penasaran ketika ia tiada dan mencoba untuk mengumpulkan kaset/CD tentangnya hanya untuk sekedar koleksi. Ya diakui memang lagu-lagu Nike Ardilla kadang mewakili perasaan atau bahkan bisa menginspirasi untuk berbuat sesuatu.

Musikalitas Nike Ardilla

Nike Ardilla layak disebut sebagai artis yang luar biasa. Dalam 7 tahun meniti karir, ia mampu mengeluarkan 11 album belum termasuk single album dan the best album yang dibuat pasca maupun sebelum kematiannya. Memulai debutnya di Bandung Rock Power 1988 dan Gadis Foto Model (1989) dengan nama Nike Astrina agaknya belum mampu mendongkrak nama dan penjualan albumnya. Sehingga nama Nike Astrina pun dilupakan begitu saja. 1989/1990 Seberka Sinar itu mengeluarkan cahayanya. Seberkas sinar yang terang yang memang kemudian menerangi kehidupan seorang Nike Astrina yang telah mengubah namanya menjadi Nike Ardilla. Dan seberkas sinarpun melesat menjadi Bintang Kehidupan (1990) yang merupakan titik dari ketenaran seorang Nike Ardilla. Bintang kehidupanpun membawanya ke Shanghai yang membuahkan hasil sebagai juara di Asia Song Festival di Shanghai China. Lagu Bintang Kehidupan dibuat dalam versi Ingrgris dengan judul Star of Life yang dibawakan dengan baik oleh Nike Ardilla. Sungguh luar biasa, sosok penyanyi yang tadinya kurang diperhitungkan menjadi lebih di kenal. Lebih lengkap untuk album Nike Ardilla :

  • 1988 Bandung Rock Power
  • 1989 Gadis Foto Model
  • 1990 Seberkas Sinar
  • 1990 Bintang Kehidupan
  • 1991 Nyalakan Api
  • 1991 Matahariku
  • 1993 Biarlah Aku Mengalah
  • 1994 Biarkan Cintamu Berlalu
  • 1995 Sandiwara Cinta
  • 1995 Mama Aku Ingin Pulang
  • 1996 Suara hatimu

Itulah album yang di buat Nike Ardilla yang sampai sekarangpun masih dicari oleh para penggemarnya. Ada yang punya?….

Nike Ardilla dan Film

Seiring dengan kesuksesan membuat album dan kesibukannya dalam promo album serta undangan nyanyi dimana-mana tidak membuat Nike Ardilla puas. Banyaknya tawaran main film maupun sinetron ia terima untuk mengasah talenta yang memang sudah ia punya. Nike Ardilla makin di kenal lewat film maupun sinetron yang di bintanginya.

Memang… awal Nike Ardilla masuk dunia film, aktingnya kurang begitu di perhitungkan, akan tetapi modal cantik dan suaranya yang khas agaknya membuat produser untuk beberapa saat terkesima dan tertarik untuk membuat Nike Ardilla membintangi film/sinetronnya.

Bias dibayangkan betapa sibuknya membagi antara album, sinetron dan film. Capek itu pasti, tapi memang harus di nikmati. Kerja keras Nike Ardilla membuahkan hasil, dan masih bisa dinikmati sampai sekarang..

Film yang pernah dibintangi Nike Ardilla :

  • 1987 Kasmaran
  • 1988 Kabayan Saba Kota
  • 1989 Gadis Foto Model
  • 1990 Ricky Nakalnya Anak Muda
  • 1990 Lupus 4
  • 1991 Kahayan dan Anak Jin
  • 1991 Cinta Anak Muda
  • 1992 Olga dan Sepatu Roda (film bagus0
  • 1992 Kabayan Saba Metropolitan
  • 1992 Tiga Kamar Perawan (Nuansa Gadis Suci)
  • 1994 Kembali Lagi

Kemudian menyusul Sinetron yang dibintangi oleh Nike Ardilla :

  • 1992 Bunga Kampus (tayang di TVRI)
  • 1993 Sukreni Gadis Bali
  • 1994 Trauma Marissa
  • 1994 Ceplas Ceplos
  • 1994 Sapu Tangan dari bandung selatan (sinetron Nike yang paling jelek versi penulis)
  • 1994 None
  • 1995 Warisan I & II
  • 1995 Jalur Putih

Agaknya kalo dikupas satu-satu film ini belum sempat deh.. kapan-kapan penulis mencoba untuk menghadirkan kembali sosok Nike Ardilla.

Berminat nonton? Atau ada yang punya filmnya?

Posted in Artist, Musik | Tagged: , , , , , | 16 Comments »