Movie, Photography and Hobby

Indonesian Old Movie Lovers

RANO KARNO & YESSY GUSMAN DALAM FILM ” SEMAU GUE”

Posted by Toto Andromeda on April 4, 2016


semau gue

semau gue

JUDUL FILM                        : SEMAU GUE

SUTRADARA                       : ARIZAL

SKENARIO                           : EDDY D ISKANDAR

CERITA                                  : EDDY D ISKANDAR

PRODUKSI                           :  PT. TIGA SINAR MUTIARA FILM

TAHUN PRODUKSI           : 1977

JENIS                                     : FILM DRAMA

PEMAIN                               : YENNY RACHMAN, RANO KARNO, YESSY GUSMAN, CITRA DEWI, KAHARUDIN SYAH, BAMBANG IRAWAN, PONG HARYATMO, ADISOERYA ABDI

SINOPSIS :

Citra (Yenny Rachman) dan Andi (Rano Karno) adalah kakak beradik yang bersekolah di sebuah SMA yang sama. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok di sekolah, Citra lebih suka bermain-main dan gonta ganti pacar, sedangkan Andi adalah seorang anak yang cerdas dengan prestasi yang bagus di sekolah.  Karena merasa sebagai seorang adik laki-laki yang harus melindungi kakaknya, seringkali Andi bersitegang dengan Citra karena Andi selalu melarang Citra, apalagi ketika Citra harus selalu berbohong pada orangtuanya dengan dalih belajar kesenian sehingga harus selalu keluar rumah dan pulang malam.

Namun apapun alasan Andi yang mencoba memberitahukan pada ibunya (Citra Dewi) tentang kegiatan dan ulah Citra sebenarnya, selalu tidak bisa diterima, bahkan ibunya selalu membela Citra kalau anak perempuannya selalu benar memberi alasan. Tidak seperti ayahnya, ibunya selalu berat sebelah pada Citra.  Seringkali Andi memperingatkan Citra untuk tidak pacaran dan lebih mementingkan pelajaran, namun ujung-ujungnya Andi yang selalu disalahkan oleh ibunya.  Percekcokan di dalam rumah tersebut selalu terjadi antara kakak dan adik.

Di sekolah, ada seorang gadis yang memberi perhatian pada Andi, Nina (Yessy Gusman) sekaligus sebagai teman curhat. Andi pun menyukai Nina. Meski prestasi Andi bagus, namun ibunya tidak percaya dan menuduh Andi selalu menyontek ketika ujian, sedangkan prestasi Citra yang jeblok bahkan tidak naik kelas namun selalu di bela oleh ibunya. Keadaan ini membuat Andi merasa diperlakukan tidak adil, ia merasa ibunya pilih kasih. Hingga akhirnya sebuah kebenaran pun terungkap, Andi bukanlah anak kandung mereka, namun anak angkat yang diambil dari sahabatnya (Kaharuddin syah) yang telah mengorbankan nyawanya untuk ayah Citra, hingga seperti sekarang ini. Ayah Andi menyerahkan Andi pada Ayah Citra menjelang ajalnya akibat di bunuh oleh perampok. Mendengar kalau Andi sebenarnya bukan anak kandungnya membuatnya merasa tidak pantas tinggal dirumah tersebut. Akhirnya Andi kabur dengan meninggalkan sebuah surat, tak lupa Andi juga membuat surat untuk Nina.

Andi sempat terlunta-lunta dengan bekerja sebagai kenek angkutan umum. Melalui sahabatnya, Nina mengetahui kegiatan Andi yang kini dilakukan, meski ia tidak memberitahukan dimana ia tinggal. Melalui kesabarannya akhirnya Nina berhasil bertemu Andi, dan menceritakan kalau orangtua Andi mencarinya dan Nina juga bercerita bahwa Citra sudah berubah dan sebagian harta keluarga Citra adalah harta Andi yang diwariskan oleh Ayah Andi.

Andi pun kembali kerumah,s etelah mengetahui Citra hamil. Agar kehormatan keluarga tidak tercoreng, Andi bersedia menikahi Citra, namun Citra merasa bersalah pada Andi hingga ia meminta pertanggungjawaban pada orang yang telah menghamilinya. Namun sayang sekali ia tidak mau bertanggungjawab. Akibatnya  Citra marah dan menusuknya dengan gunting yang telah di persiapkan dari rumah.

*****

Sebuah drama keluarga yang penuh sarat moral, sebuah keluarga harus didasari rasa saling percaya dan tidak saling curiga.

Advertisements

One Response to “RANO KARNO & YESSY GUSMAN DALAM FILM ” SEMAU GUE””

  1. minta dikirim file nya dong terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: